Bahaya Marah Bagi Kesehatan

Stop.Marah … Adalah suatu sifat yang terdapat pada diri setiap manusia. Tiada manusia yang tidak mempunyai sifat marah, yang membedakan antara satu dengan yang lainnya adalah bagaimana cara meredam amarah itu sendiri. Beruntunglah bagi orang yang dapat menahan amarahnya, dan orang itu mendapatkan gelar sebagai orang yang sabar. Tetapi alangkah ruginya jika seseorang tidak kuasa atau dikuasai oleh amarahnya, tentu saja akan berdampak buruk bagi dirinya maupun orang lain.

Berbicara bahaya marah bagi kesehatan, adalah berbicara tentang bagaimana marah bisa menyebabkan penyakit?. Marah adalah virus nya jiwa, bukan virusnya raga. Namun, dampaknya juga berbahaya bagi raga, tubuh akan tidak sehat ketika sesorang lebih suka marah daripada menahannya.

Marah, yang ciri-cirinya adalah ketegangan, dengan disertai dengan raut wajah yang seram dan tak sehat, mata melotot, dan suara yang keras lagi kasar. Marah adalah virus yang hanya dapat diobati dengan mengalihkan marah itu pada hal yang positif.

Mengapa marah sangat berbahaya bagi kesehatan?. Marah muncul ketika darah dalam hati bergejolak tinggi, dan menyebar ke urat-urat nadi, sehingga gejolak darah yang cepat menimbulkan suatu ketegangan pada otot-otot.

Adapun akibat yang ditimbulkan oleh marah antara lain:

1. Hipertensi

Hipertensi disebut juga dengan darah tinggi, darah tinggi sering terjadi karena kemarahan tingkat tinggi. Hipertensi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Wah, bahaya sekali penyakit-penyakit seperti itu, akibat dari marah yang akan bercabang pada penyakit-penyakit yang membahayakan.

2. Lemahnya Tubuh

Marah yang dapat membuat otot menjadi tegang, akan menimbulkan kelelahan tubuh. Marah semenit saja seperti 4 jam bekerja. Karena akibat dari marah, kelelahan akan terjadi dan menimbulkan metabolisme tubuh menurun. Jika metabolisme menurun, tentu saja penyakit dari luar akan mudah memasuki tubuh.

3. Lemah Otak

Marah selain berakibat hipertensi dan lemahnya tubuh, juga dapat melemahkan otak yang menyebabkan fungsi dari otak akan menurun drastis. Mengapa hal itu terjadi? Ketika marah, darah dalam otak berkurang, darah lebih banyak mengalir pada otot-otot besar, sehingga darah sebagai suatu yang penting dalam otak akan berkurang. Darah yang sebagai asupan oksigen ke otak akan berkurang, sehingga orang yang marah tidak dapat berkonsentrasi, tidak dapat mengontrol sebuah tindakan, dan tindakan yang tak terkontrol akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Itulah sedikit akibat dari marah yang tak terkontrol. Solusinya agar kita semua dapat menahan amarah yang akan berdampak sangat bahaya bagi jiwa dan raga bahkan berbahaya bagi orang lain dan lingkungan adalah:

1. Berdoa dalam hati, khusus orang muslim membaca ta’awudz …
2. Ketika marah, jangan banyak bicara .. disebabkan dengan berbicara akan menambah tensi marah semakin tinggi.
3. Ubah posisi, maksudnya adalah ketika anda marah dalam keadaan berdiri, duduklah. Jika marah dalam keadaan duduk yaaa tidur saja. hehehe.
4. Berwudhu, dengan membasuhkan air ke wajah dan tubuh, marah akan segera hilang.

Demikian obat dari penyakit marah, bahaya marah bagi kesehatan harus dihentikan dengan solusi-solusi diatas. Semoga bermanfaat. Hiduplah sehat dengan tidak marah. Sabar, walau menyakitkan akan berdampak lebih indah daripada mendahulukan marah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s