Madu dalam AlQuran jelas sebagai obat bagi manusia

madu

 

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia.” [QS. An-Nahl : 68]

Madu dan lebah memiliki keistimewaan yang luar biasa sehingga tercantum dalam surat tersendiri di dalam Al-Quran. Kajian khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuwan Muslim terkemuka di era keemasan Islam, yakni Ibnu Sina (890-1037). Bapak kedokteran dunia dan pemikir muslim agung di abad ke-10 M itu tercatatat sebagai dokter yang mengulas mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran.

Selama ini, orang lebih mengenal madu sebagai produk lebah yang paling populer dan berkhasiat dalam mengatasi berbagai penyakit. Namun, jika kita mengambil hikmah dari surat An-Nahl ayat 69, kita akan mengetahui produk lebah yang dapat dijadikan obat tidak terbatas hanya pada madu saja. Produk perlebahan selain madu dapat berupa royal jelly, tepung sari (bee pollen) dan propolis lebah.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.” [QS. An-Nahl : 69]

Mengutip surat An-Nahl ayat 69 di atas, dijelaskan bahwa bahan yang dapat dijadikan obat penyembuh bagi manusia adalah bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya. Pada ayat tersebut juga tidak menyatakan obat untuk spesifik penyakit tertentu, dan fakta di lapangan membuktikan bahwa berbagai penyakit dapat disembuhkan melalui produk perlebahan terutama propolis lebah.

Di dalam Al-Quran diterangkan secara jelas bagaimana lebah diperintah oleh Allah SWT untuk membuat sarang dengan mengambil makanan (getah) dari berbagai jenis tumbuhan untuk dijadikan madu dan produk lebah lainnya, termasuk propolis sebagai obat penyembuh untuk berbagai jenis penyakit. Lebah memang makhluk istimewa, ia merupakan makhluk Allah SWT yang memberi manfaat dan kenikmatan bagi manusia.

Madu merupakan Hadiah penyembuhan dari Allah bagi manusia. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa madu memiliki nilai atau manfaat pengobatan yang luar biasa. Madu dapat menghilangkan zat berbahaya yang mungkin telah menumpuk dalam pembuluh darah dan usus. Madu sangat bermanfaat bila digunakan sebagai salep. Madu juga memiliki beragam manfaat yang luas ketika dikonsumsi dan dicampur dengan minuman. Madu telah terbukti sangat berguna bagi orang tua dalam menjaga stamina. Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan penyakit. ,adu membantu menghilangkan dahak dari batul ketika tubuh anda sedang menderita pilek. Madu sangat bergizi dan melunakkan buang air besar ketika diminum secara teratur.

Madu membantu membersihkan hati dan membantu dalam produksi urin. Madu yang dicampur dengan air hangat setengah jam sebelum tidur akan membantu anda untuk dapat tidur lebih nyaman.
Memberikan 1 tetes madu ke dalam setiap mata pada pagi hari dan sebelum tidur, akan melumasi mata anda, mencegah infeksi mata, meningkatkan penglihatan dan insya Allah melindungi mata anda dari kehilangan penglihatan.

Madu, jika dicampur dengan sedikit minyak habbatussaudda dan diteteskan pada mata, dapat menyembuhkan pasien penderita katarak sehingga 70%. Satu tetes di setiap mata sebelum tidur sudah cukup. Di indonesia informasi ini dikenal oleh banyak ulama. Jika meneteskan tiga tetes campuran ini pada air minum untuk ayam ternak anda, maka anda akan mendapati ayam menjadi lebih sehat daripada ayam normal lainnya, lebih sedikit lemak, lebih gurih rasanya dan dalam banyak kasus, ayam-ayam tersebut lebih cepat sembuh dari influenza. Subhanallah

Madu merupakan bahan pengawet yang sangat baik. Buah dan bahkan daging yang telah dicelupkan dalam madu akan tetap segar selama beberapa bulan sekaligus. Bahkan mayat yang dilumeri dengan madu dapat disimpan lebih lama. Madu yang berusia beberapa ribu tahun yang ditemkan di makam-makam mesir tampak dan bahkan terasa masih segar. Madu memiliki sifat anti pembusukan yang luar biasa. Madu akan membunuh kutu pada rambut dan bahkan telur kutu, namun di lain pihak dapat membuat rambut lebih indah dan lebih lembut serta membantunya untuk tumbuh lebih cepat.

Jika menjilat madu pada saat perut kosong hal itu akan membantu membersihkan tubuh dari lendir dan dahak. Madu akan menghilangkan zat-zat berbahaya dan campuran dari perut. Ini juga memiliki dampak serupa pada ginjal dan hati. Sebagai tambahan atas kandungan obat dan gizi yang ada dalam madu, ada manfaat yambahan yang Allah berikan bagi kita yaitu suatu zat makanan dengan rasa yang sangat enak, minuman yang menyegarkan, dan pemanis yang sangat baik untuk di konsumsi bersama-sama teh dan bukannya gula pasir yang telah melalui proses-proses yang membahayakan. Orang-orang zaman dulu mengandalkan madu sebagai pemanis utama mereka. Gula ditemukan di zaman modern bersamaan dengan berbagai masalah kesehatan yang negatif yang berkaitan dengan terlalu banyak mengonsumsi gula putih halus.

4 thoughts on “Madu dalam AlQuran jelas sebagai obat bagi manusia

  1. Terimakasih banyak, sebenarnya kalau mau dikaji banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari kitab suci Al-Qur’an, kehidupan modern sekarang memang menawarkan banyak kemudahan, tapi tidak ada jaminan bahwa hal itu selalu baik buat kesehatan, yang pasti alam memberikan yang terbaik bagi kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s