PENGOBATAN DENGAN AIR PUTIH

dapatkan-7-manfaat-ini-hanya-dengan-minum-air-putih1

Ketika Nabi mengalami demam, menjelang beliau wafat, beliau menggunakan air untuk merendam sejenak penyakitnya. Beliau bersabda, “Sirmakan air kepadaku dari tujuh qirbah yang belum dilepas ikatannya, mudah-mudahan aku bisa memberi pesan kepada orang-orang.”
Dari Abu Nu’aim yang meriwayatkan Hadits Anas dan menyebutkan secara marfuu’, “jika kalian demamn guyurlah tubuh dengan air sejuk (tidak dingin es, tidak juga hangat) selama tiga hari pada waktu menjelang subuh.”
Dalam doa istiftaah disebutkan, “Ya Allah, cucilah diriku dari dosa-dosaku dengan es, air dan embun.”
Air adalah sumber kehidupan. Allah menegaskan dalam QS. Al-Anbiyaa : 30
Artinya : “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?”
Allah sudah menegaskam bahwa kehidupan ini berasal dari Air. Maka air juga yang menjadi penopang kehidupan. Orang bisa bertahan hidup berminggu-minggu tanpa makan tapi ia tak akan mampu hidup seminggu saja tanpa air. Bukan hanya manusia tapi makhluk hidup dibumi ini butuh air untuk bertahan hidup. Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 22, artinya
“Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit lalu Dia menhasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu…”
Allah juga pernah menguatkan genggaman kaki orang-orang beriman dengan air hujan. Dalam QS. Al-Anfal : 11
Artinya : “….dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk menyucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaithan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki (mu)…”
Namun sayang, bahwa kita masih sangat kurang memanfaarjan potensi air ini demi kebutuhan hidup kita. Seringkali kita tidak sadar bahwa tubuh kita butuh pasokan air dalam kondisi normal antara 2 hingga tiga per liter air perharinya. Meski banyak sudah kampanye memasyarakatkan minum air putih minimal 18 gelas sehari, tapi lebih banyak diantara kita yang mengabaikannya. Padahal sebagai muslim, kita tahu betul bahwa air putih adalah salah satu dari komoditi ath thibbun Nabawi yang berfungsi banyak menjaga kesehatan. Bahkan saat berbuka, seandainya kita tak mendapatkan kurma, kita dianjurkan untuk meneguk air putih.
Meminum air minum biasa secara benar, memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises.
Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta yag tak terbantah seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini. Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan unsur penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan, dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur.
Secara umum banyak sekali manfaat air putih. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa minum air dengan berbagai cara, dapat mengobati atau membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit ringa maupun berat.
1. Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air Putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker
Air juga dapat mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih bersinergi.
3. Perawatan Kecantikan
Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.

4. Untuk kesuburan
Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut hasil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di london, inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

Bahkan mandi dengan air dingin diwaktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi harus mulai diubah tuh kebiasaannya.

5. Menyehatkan Jantung
Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran nafas, usus dan penyakit kewanitaan. Bahkan disaat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai Obat Stroke
Air hangat tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernafasan.

Efek panas pada air hangat meyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlorm magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

7. Efek Relaksasi
Cobalah berdiri dibawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena seperti dipijat.

Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan disekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot pada dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah jika memiliki shower dirumah, cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Konon shower juga menghasilkan ion negatif.

8. Menguruskan Badan
Air putih juga bersifat menghilangkan kototran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mrngurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah miunum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

9. Tubuh lebih bugar
Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yag sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kekurangan air. Sebab air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.
10. Penyeimbang Tubuh
Jumlah air yang menurun dalam tubuh menyebabkan fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri maupun virus. Namun tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan.
Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 liter (8-10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, the, kopi, sirup. Selain itu asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan didalam tubuh.

Iklan

2 thoughts on “PENGOBATAN DENGAN AIR PUTIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s