7 Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asma

index

 

Penelitian menyebutkan bahwa makanan terbaik bagi penderita asma adalah sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat. Buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

.:Berikut 7 Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asma:.

Alpukat
Alpukat mengandung konsentrasi tinggi L-glutathione, sebagai zat anti asma yang bisa melindungi sel melawan kerusakan akibat radikal bebas. Juga sebagai detoksifikasi tubuh dari polutan dan zat berbahaya lainnya.

L-glutathione juga dikenal ampuh membantu peradangan quells sistemik dan memperbaiki kesehatan usus yang rusak. Proses tersebut pada intinya dapat membantu seseorang terhindar dari serangan asma.

Kubis
Kubis juga sangat bermanfaat sekali untuk memblokir radikal bebas yang bertanggung jawab terhadap kontraksi otot polos di saluran pernapasan bagian dalam. Kubis juga sebagai sumber fitokimia beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang bisa mencegah dan mengurangi gejala asma.

Bayam
Berdasarkan sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 68 ribu wanita, ditemukan bahwa asupan tinggi yang terdapat pada bayam berhubungan langsung dengan berkurangnya risiko asma. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C, beta karoten, vitamin E, dan magnesium yang terkandung di dalamnya.

Pisang
Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2011 oleh tim peneliti Imperial College London, bahwa makan pisang setiap hari bisa menjauhkan diri dari penyakit asma. Peneliti tersebut menemukan bahwa anak yang makan 1 buah pisang perhari ternyata mengalami penurunan risiko gejala asma hingga 34 persen.

Jahe
Jahe memiliki khasiat yang lebih dibandingkan obat antihistamin dalam membersihkan saluran udara dan juga menghentikan peradangan. Ini karena sifat antioksidannya mampu menjadi pereda gejala asma yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Kunyit
Kunyit mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang bertanggung jawab dalam pembengkakan paru-paru dan konstruksi saluran pernapasan ketika terjadi serangan asma. Kunyit dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan ketegangan otot.

Apel
Kandungan quersetin dalam apel mampu memberikan perlindungan yang kuat terhadap asma. Studi di Eropa menyatakan bahwa wanita hamil yang makan 4 apel per minggunya dapat menurunkan resiko melahirkan anak asma sampai 53 persen. Bahkan anak yang minum jus apel memiliki risiko 50 persen lebih kecil untuk terjangkit asma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s