.:: Ulang Tanggal VS Ulang Tahun.

1546426_1540809549468346_160706385589821029_n

 

.:: Ulang Tanggal VS Ulang Tahun.

“Afwan ya ukhti (wanita) ana tidak ingin mengucapkan selamat ulang tahun seperti yang dilakukan teman-teman anti lakukan itu.”
Jawab seorang ikhwan (laki-laki) kepada teman akhwatnya (wanita).

Akhwat berkata,
“Kenapa ya akhi (laki-laki)? Bukankah sekarang ini ulang tahun ana dan bukankah antum mencintai ana?”

Ikhwan berkata,
“Wallaahi ya ukhti, ana lakukan demikian karena ana mencintai ukhti, dan cinta ana murni karena Allah Ta’ala. Sebab ana bersedih karena usia anti telah berkurang satu tahun, pantaskah ana mengucapkan selamat kepada seseorang yang ana cintai yang kenyataannya ia lebih dekat pada kematian?”

Katakan tidak pada ritual (perayaan) ulang tahun, rela dan ridhakah kalian jika kalian memberi selamat kepada orang yang lebih dekat pada kematian?

Janganlah kalian bodohi diri sendiri dengan berkata selamat ulang tahun, selamat milad dan sebagainya. Sebab ucapan selamat ulang tahun adalah bathil dan menyalahi tatabahasa yang baik dan benar.

Ulang tahun diambil dari dua suku kata yakni :
1. Ulang.
2. Tahun.

Lalu kenyataannya yang diulang apakah tahunnya, bulannya atau tanggalnya?

Contoh :
Jika seseorang lahir pada tanggal 04 September 1987 maka pada tanggal 04 September 2013 maka umurnya tepat pada usia 26 tahun.
Lalu apakah ulang tahunnya itu berulang-ulang,­ yakni pada tahun 1987 saja? Kemudian untuk apa mengucapkan ulang tahun pada tahun 2013?

Ketahuilah wahai saudaraku yang saya muliakan itu semua adalah budaya buruk dari orang-orang kafir, sementara ummat Islam dilarang mengikuti (bertasyabuh) kepada mereka, karena dikhawatirkan dengan sebab bertasyabuh akan timbul rasa cinta kepada mereka, oleh karena itu Islam datang melarang itu semua.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :
“Dan orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan rela kepadamu (Muhammad) sebelum engkau mengikuti agama mereka. Katakanlah, ‘Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya).’ Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah ilmu (kebenaran) sampai kepadamu, tidak akan ada bagimu pelindung dan penolong dari Allah.”
(QS. Al-Baqarah [2] : 120)

Dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallaahu ta’ala ‘anhu, ia berkata,
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Kalian sungguh-sungguh­ akan mengikuti jalan (mencontoh) orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sampai seandainya mereka masuk ke lubang dhabb (biawak), niscaya kalian akan masuk pula ke dalamnya.”
Para Shahabat bertanya,
“Wahai Rasulullah, apakah mereka yang dimaksud itu adalah Yahudi dan Nashrani?”
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
“Siapa lagi kalau bukan mereka?”
(HR. Al-Bukhari dalam Shahiih-nya, no. 3456, 7320, Fat-hul Baari, XIII/300, Muslim dalam Shahiih-nya, kitab al-‘Ilmi bab al-Aladdul Khasmu, no. 2669, Ahmad, III/84, 89, IV/125, Ibnu Majah, no. 3994, dan ath-Thabarani dalam Al-Kabiir, VII/40)

Sungguh benar apa yang telah disabdakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Kini, banyak kaum muslimin yang sudah tertipu dan tidak menyadari bahwa kita dilarang bertasyabuh kepada orang-orang kafir, bahkan mereka membangun cinta dan benci dari itu semua.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallaahu ta’ala ‘anhuma, ia berkata,
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa menyerupai suatu kaum, ia termasuk golongan mereka.”
(HR. Ahmad, II/50, 92, dan Abu Dawud, IV/314, no. 4031, Shahiihul Jaami’ish Shaghiir, no. 6149, Shahiihul Jaami’, no. 6149)

Wahai saudaraku, berdo’alah kepada Allah Rabbul ‘alamin agar supaya kita diberikan hidayah dan taufiq agar dapat diberikan pemahaman yang baik dan benar tentang Islam, karena sesungguhnya Islam adalah agama yang mudah namun tidak di mudah-mudahkan.

والله المستعان

– Pentingnya Ilmu Sebelum Beramal

 

di ambil dari wakaf daarut tauhiid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s